*** EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN ***

PROGRAM STUDI

Nama Dosen

Mata Kuliah

Tahun Akademik

Semester

KETERANGAN: 1 = Buruk Sekali ; 2 = Buruk ; 3 = Baik; 4 = Baik Sekali

PERSIAPAN PEMBELAJARAN

Menyampaikan garis besar rencana perkuliahan (Silabus, RPP)

Membuat kesepakatan kontrak perkuliahan dengan mahasiswa

Indikator keberhasilan belajar disampaikan dengan jelas

Mendorong setiap mahasiswa untuk mencapai tujuan sesuai dengan kemampuan dan kondisi masing-masing mahasiswa

Dosen memulai pembelajaran tepat waktu

PROSES PEMBELAJARAN

Dosen mampu melaksanakan pembelajaran dengan karakteristik yang terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan

Menguasai substansi mata kuliah

Materi pembelajaran di-update sesuai dengan perkembangan mutakhir

Materi pembelajaran bersifat kontekstual

Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi

Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi

Mampu mengelola pembelajaran berbasis IT

Mendorong setiap mahasiswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran

Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya

Tanggapan Dosen merangsang mahasiswa untuk berfikir kreatif

Memberi tugas kepada mahasiswa sesuai dengan tujuan dan materi perkuliahan

Mampu berkomunikasi secara efektif dengan mahasiswa

Sumber belajar (buku teks, referensi, jurnal, dll.) untuk mata kuliah tersebut mudah didapat

Pengembalian tugas/ ujian mahasiswa disertai dengan umpan balik untuk pengembangan lebih lanjut

EVALUASI / PENILAIAN PEMBELAJARAN

Aspek yang dinilai sesuai dengan tujuan dan indikator yang akan dicapai mahasiswa dalam pembelajaran

Evaluasi menggunakan berbagai cara dan alat penilaian

Evaluasi dilakukan secara terus menerus

KEPRIBADIAN DAN SOSIAL

Mampu menjadi suri tauladan dan bertindak arif bijaksana

Penampilan berwibawa

Mampu bersosialisasi secara efektif dengan mahasiswa

Berlaku adil

KINERJA DOSEN DALAM PEMBELAJARAN SECARA UMUM