*** EVALUASI PENILAIAN PEMBELAJARAN ***

Program Studi

Nama Matakuliah

Nama Dosen

Semester

Tahun Akademik

PRINSIP PENILAIAN

Edukatif (memotivasi mahasiswa agar mampu: memperbaiki cara belajar dan meraih capaian pembelajaran)

Otentik (penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan)

Objektif (penilaian yang didasarkan pada stándar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai)

Akuntabel (penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah)

Transparan (penilaian yang prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan)

Dilakukan secara terintegrasi antara berbagai teknik dan instrumen penilaian yang digunakan.

TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN

Observasi ( Berdasarkan pengamatan )

Partisipasi ( Berdasarkan tingkat partisipasi mahasiswa)

Unjuk Kerja (Berdasarkan tingkat penguasaan materi perkuliahan)

Tes (Tertulis, Lisan, Angket)

Dilakukan lebih dari satu teknik penilaian

MEKANISME DAN PROSEDUR PENILAIAN

Menyusun, menyampaikan, menyepakati tahap, teknik, instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian antara penilai dan yang dinilai

Dilakukan sesuai dengan rencana pembelajaran

PELAKSANAAN PENILAIAN

Dilakukan sesuai dengan rencana pembelajaran (RPS)

Dilakukan oleh Dosen, Mahasiswa, dan pemangku kepentingan yang relevan

PELAPORAN PENILAIAN

Penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah

Dinyatakan dalam kisaran ( A, B+, B, C+, C, D, E)

KELULUSAN DALAM MATA KULIAH

Telah menempuh seluruh beban belajar yang ditetapkan.

KOMENTAR / SARAN:

Memiliki capaian pembelajaran yang ditargetkan.

Keterangan: 1 = Buruk sekali, 2 = Buruk, 3 = Baik, 4 = Baik sekali